Garam Dapur Bisa Mengusir Semut, Apa Benar? 

Garam Dapur Bisa Mengusir Semut, Apa Benar? 

Metroterkini.com - Semut adalah salah satu hama yang kerap hadir di rumah. Untuk membasmi semut di rumah pun dapat dilakukan dengan banyak hal, baik secara alami maupun kimia. Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk membasmi semut adalah dengan menggunakan garam. Ada cara tradisional pula bahwa membentuk garis di tanah dengan garam menjadikannya penghalang untuk masuknya semut. 

Selain itu, ada pula cara membasmi semut dengan menggunakan semprotan yang terbuat dari air dan garam. Dilansir Hunker, Sabtu (2/7/2022), klaim ini didukung oleh pengalaman, tetapi garam bukan satu-satunya bahan yang murah dan tersedia yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah semut. 

Namun, dalam keadaan darurat, sedikit garam dan pembersihan yang baik dapat membantu Anda membasmi semut di rumah. Berikut beberapa cara membasmi semut dengan garam. 

1. Buat garis di tanah dengan garam 
Jika Anda pernah memberi garam pada luka yang terbuka, Anda akan tahu bagaimana perasaan semut saat berjalan di tanah yang asin. Semut memilih untuk tidak melakukannya, yang berarti bahwa menyebarkan garis garam di sepanjang dinding, jalan setapak dan meja mungkin cukup untuk membuat mereka berbalik dan pergi. 

Namun, jika semut lapar dan tidak menemukan makanan, mereka mungkin bersedia menanggung sedikit rasa sakit untuk mendapatkan makanan lezat yang mereka rasa tidak jauh dari penghalang. Membuat garis lebih lebar bahkan dapat membuat semut yang lapar pun enggan. 

Perlu dicatat bahwa beberapa semut sebenarnya tertarik pada garam. Sebuah penelitian yang disponsori oleh National Geographic Society dan Amazon Conservation Association menemukan bahwa semut pemakan tumbuhan yang hidup lebih dari 96 km dari laut sebenarnya lebih menyukai makanan ringan yang asin daripada yang manis. Ini tidak berlaku untuk semut karnivora, tetapi ini menunjukkan bahwa garam tidak selalu menjadi penghalang. 

Saat merekomendasikan garam sebagai tindakan pengendalian semut, banyak ahli menyarankan untuk mencampur larutan garam yang kuat dan menyemprotkannya langsung ke semut. Garam adalah pengering, dan mengeringkan eksoskeleton serangga, sehingga membunuh mereka. 

Masalah dengan pendekatan ini adalah Anda harus menggunakan banyak, dan garam merusak permukaan apa pun di rumah tempat ia berkumpul. Ini menodai cat dinding, pelapis lantai dan perlengkapan logam. Ini juga tidak bagus untuk halaman atau taman, dan mungkin membunuh rumput dan tanaman sensitif. 

Untuk semua itu, Anda mungkin hanya akan membunuh beberapa semut yang Anda semprot, dan semut yang tidak Anda semprot di belakang tembok dan di dalam koloni itu sendiri tidak akan terpengaruh. 

2. Identifikasi semut 

Kunci pengendalian semut yang efektif, menurut pakar pengendalian hama, adalah mengidentifikasi semut yang menyerang rumah sehingga Anda dapat membasminya dengan semprotan, bedak, atau umpan khusus spesies. 

Sebagian besar semut tertarik pada permen, tetapi beberapa jenis semut lebih menyukai makanan dan lemak berminyak. Mengetahui perilaku makan semut membantu Anda menyusun strategi untuk menarik mereka sehingga Anda dapat memancing atau membunuh mereka secara massal dengan insektisida. 

Bahan yang lebih baik digunakan untuk membasmi semut dibandingkan garam Jika Anda ingin membuat garis di tanah yang tidak akan dilintasi semut, Anda tidak perlu garam. Anda bisa membuatnya efektif menggunakan tanah diatom. 

Bubuk putih ini, yang terdiri dari butiran kulit kerang, tidak berbahaya bagi hewan peliharaan, anak-anak, dan tanaman, tetapi merusak kerangka luar semut yang berjalan di atasnya, dan membunuh mereka. 

Semut lebih menghindari tanah diatom dibandingkan mereka menghindari garam. Anda juga dapat menggunakan campuran gula bubuk dan soda kue dengan perbandingan 1 : 1. 

Sebarkan campuran ini dalam garis di sekitar jalan setapak atau kawanan. Jika semut mengambil umpan, soda kue akan membuat gas di dalam tubuh mereka yang tidak bisa mereka hilangkan. Jika semut bisa merasakan sakit, mereka akan mati dengan menyakitkan. Pakar pengendalian semut seperti Randy Pryor merekomendasikan umpan sebagai strategi jangka panjang yang paling efektif untuk pengendalian semut. 

Bahan mematikan dalam banyak umpan semut adalah asam borat, yang memiliki toksisitas rendah untuk manusia dan hewan peliharaan. 

Ini harus dicampur dalam pasta atau cairan manis atau berminyak, tergantung pada semutnya, dalam konsentrasi 5 persen atau lebih rendah agar berfungsi dengan baik. Pada konsentrasi itu, semut tetap hidup cukup lama untuk memberi umpan ke koloni dan membunuhnya. Anda dapat membeli umpan asam borat yang sudah dicampur sebelumnya, atau Anda dapat membuatnya sendiri dengan asam borat yang dibeli di toko. 

Untuk bantuan jangka pendek, gunakan semprotan minyak jeruk. Produk ini mengandung d-Limonene, atau ekstrak kulit jeruk, yang membuat semut mati lemas saat bersentuhan. Selain itu, bau jeruk bertindak sebagai penolak, mengusir semut selama beberapa hari. Minyak jeruk aman digunakan di sekitar makanan, hewan peliharaan, dan anak-anak. [**]

Berita Lainnya

Index